Tips Merawat Jaket Kulit

Anda tentu saja ingin memiliki jaket kulit yang selalu terlihat bagus/baru, warna yang tidak kusam sehingga jaket anda akan tetap terlihat pantas untuk dipakai dalam acara apapun terutama jaket model casual anda.
Untuk merawat jaket kulit ada beberapa tips yang dapat anda:
 
  1. Jaket kulit anda harus secara rutin diberi pelembab/lotion khusus buat bahan kulit (bisa body lotion atau “kit” motor juga bisa). Terutama saat setelah terkena hujan dijalan dan kering kembali. Ini dilakukan untuk menghindari jaket kulit anda terasa kaku dan kering. Untuk hasil maksimal minimal lakukan seminggu sekali. Kalo tidak sempat lakukan 2 minggu sekali. Setelah diberi lotion atau tidak dipakai gantung jaket anda denganhanger jangan dijemur langsung dan jangan dilipat karena akan meninggalkan bekas dan akan susah untuk menghilangkannya. Caranya: oleskan/semprotkan lotion ke jaket lalu gunakan lap / handuk / busa yang lembut untuk menggosoknya. Lakukan gosokan dengan satu arah. Gosok ± 15 menit. Diamkan sampai agak kering lalu oleskan lotion dan gosok satu kali lagi.
  2. Jaket kulit anda jangan dicuci, apabila terpaksa dicuci karena kotor atau bau. Jangan dicuci dengan detergen, dan jangan digosok dengan sikat agak warnanya tidak pudar. Untuk menghilangkan kotoran sebelum dicuci bisa menggunakan lap handuk / busa spoon yang diolesi minyak kelapa. Setelah kotoran hilang bisa direndam dengan pewangi saja. Setelah itu jangan dijemur langsung terkena matahari, kalau tidak jemurnya dibalik. Untuk mengeringkan bagian dalamnya. Setelah bahan kulit kering, jangan sampai terlalu kering, pakai pelembab/lotion lalu gantung di dalam ruangan. Kalau masih basah biasanya akan bau, juga bila terlalu kering akan kaku, oleh sebab itu keringnya harus pas sebelum dioleskan pelembab.
  3. Apabila warna jaket anda ada yang terkena warna lain, biasanya karena jatuh atau tergores tembok and susah dihilangkan bahkan warnanya hilang terkelupas. Untuk menambal warna yang hilang bisa menggunakan semir sepatu, biasanya untuk jaket warna hitam, bisa pakai semir hitam, dioleskan pada bagian kulit yang akan ditambal warnanya. Jangan terlalu banyak, sedikit-sedikit saja. Lalu gosok dengan lap / handuk sampai rata dan menyatu dengan bahan kulitnya. Cek dengan menyentuh / colek kulit tersebut sampai tidak menempel di tangan.
  4. Apabila jaket tidak/jarang diberi pelembab biasanya akan banyak lipatan terutama pada bagian tangan. Untuk memperbaikinya sangat sulit terutama yang sudah kering dan kaku, biasanya kulit akan sobek, tidak pecah-pecah, karena terlalu kering. Namun apabila masih tidak terlalu parah lipatannya, masih bisa diperbaiki / dikembalikan. Hasilnya mungkin tidak terlalu memuaskan namun setidaknya tidak terlalu jelek. Caranya sama dengan trik no.1, dioleskan pelembab pada bagian lipatan lalu gosok dengan lap/handuk satu arah, harus dilakukan berulang-ulang, sampai terlihat maksimal, lakukan 2 hari sekali.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...