Tips Mencuci Pakaian Batik Dengan Shampoo

  1. Mencuci baju batik dengan menggunakan shampo rambut. Sebelumnya, larutkan dulu shampo hingga tak ada lagi bagian yang mengental. Setelah itu baru baju batik dicelupkan. Anda juga bisa menggunakan sabun pencuci khusus untuk baju batik yang dijual di pasaran.
  2. Pada saat mencuci baju batik jangan digosok dan jangan gunakan deterjen. Jika batik Anda tidak terlalu kotor maka Anda bisa mencucinya dengan air hangat. Tapi jika batik Anda terkena noda maka Anda bisa mencucinya cukup dengan sabun mandi saja. Akan tetapi jika nodanya masih membandel maka Anda bisa menghilangkannya dengan kulit jeruk pada bagian yang kotor saja. Janganlah mencuci baju batik dengan menggunakan mesin cuci.
  3. Setelah kotoran hilang Anda harus menjemurnya di tempat yang teduh tetapi Anda tidak perlu memerasnya, biarkan saja baju batik tersebut mengering secara alami. Pada saat menjemur sebaiknya Anda tarik bagian tepi baju batik agar serat kain yang terlipat kembali seperti sediakala.
  4. Hindari penyetrikaan secara langsung, jika terlalu kusut Anda bisa semprotkan air di atas baju batik Anda lalu lapisi batik Anda dengan baju batik lainnya. Hal ini untuk menghindari baju batik Anda terkena panas langsung dari setrikaan.
  5. Bila Anda ingin memberi pewangi dan pelembut baju pada batik tulis, jangan disemprotkan langsung pada baju batiknya. Sebelumnya, tutupi dulu baju batik dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut baju. Sebaiknya Anda tidak menyemprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke baju batik atau pakaian berbahan batik sutera berpewarna alami.
  6. Sesudah disetrika sebaiknya Anda simpan batik Anda dalam plastik agar tidak dimakan ngengat. Sebaiknya Anda jangan memberi kapur barus karena zat padat ini terlalu keras sehingga bisa merusak baju batik Anda. Ada baiknya Anda beri merica atau lada yang dibungkus dengan tisu lalu masukkan dalam lemari pakaian Anda untuk mengusir ngengat. Atau Anda bisa menggunakan akar wangi yang sebelumnya Anda celup ke dalam air panas kemudian dijemur, lalu dicelup sekali lagi ke dalam air panas dan dijemur. Setelah akar wangi tersebut kering Anda baru bisa menggunakannya.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...