Tips Mencuci Boneka

Boneka adalah mainan yang sering disukai oleh anak perempuan. Namun tidak hanya anak-anak saja yang sering memanfaatkan boneka sebagai teman ketika sedang sendiri. Kalangan remaja pun banyak juga yang hobi mengkoleksi boneka-boneka. Dari boneka yang berukuran kecil hingga boneka yang berukuran besar. Namun ketika boneka kesayangan kita sudah kotor dan kusam, tentu harus kita cuci agar tetap kelihatan bersih dan menarik. Kita bisa saja memanfaatkan jasa lonudry untuk mencuci boneka. Tetapi jika anda ingin mencuci boneka boneka kesayangan anda sendiri maka anda harus hati-hati agar boneka kesayangan anda tidak rusak ketika selesai dicuci. Berikut tips mencuci boneka agar tidak rusak :

Mencuci Dengan Tangan

Untuk membersihkan boneka yang tidak begitu kotor misalnya hanya berdebu maka anda dapat menggunakan kain lap atau handuk dengan air hangat untuk mengusapkannya pada boneka. Berhati-hatilah ketika mengusap boneka yang berbulu dan mudah rontok. Lakukan secara perlahan. Jika boneka yang akan dicuci memiliki tingkat kekotoran yang tinggi maka rendam terlebih dahulu dengan air sabun selama kurang lebih 20 menit. Kemudian gunakan sikat yang halus untuk menghilangkan noda pada boneka. Gunakan pengharum pakaian seperti kispray, setrika atau produk pengharum lain (anda dapat juga memberikan parfum sesuai keinginan anda setelah boneka kering). Kemudian gunakan hair dryer untuk mengeringkan. Jangan menjemur boneka di bawah terik matahari karena hal ini dapat merusak boneka.

Selain cara di atas, anda dapat juga menggunakan baking soda (soda kue) untuk membersihkan boneka. Caranya yaitu dengan cara memasukkan boneka ke dalam kantung plastik yang telah berisi baking soda. Kocok-kocok kantong tersebut agar baking soda rata di permukaan boneka. Diamkan hingga 20 menit kemudian ambil boneka dari kantong. Tepuk-tepuk boneka dengan tangan untuk menghilangkan baking soda. Gunakan lap atau handuk basah agar boneka lebih bersih dari debu baking soda. Kemudian gunakan hair dryer atau mengangin-anginkan di depan kipas angin agar boneka cepat kering. Berilah parfum sesuai dengan keinginan anda.

Menggunakan Mesin Cuci

Sebelum mencuci boneka dengan mesin cuci alangkah baiknya periksa dahulu label yang tertera pada boneka apakah boleh dicuci dengan mesin atau tidak. Untuk mencuci boneka dengan mesin cuci maka gunakan kantong kain tipis untuk membungkus boneka. Hal ini dilakukan agar boneka tidak rontok atau rusak setelah selesai dicuci. Gunakan deterjen secukupnya dan cuci pada putaran mesin yang lambat. Setelah itu bilas boneka dengan cara memijat bagian boneka secara halus di dalam air. Keringkan boneka dengan menggunakan hair dryer atau mengangin-anginkan di depan kipas angin agar boneka cepat kering. Berilah parfum sesuai dengan keinginan anda.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...